Riview Game Engine RPG Maker VX

Riview Game Engine RPG Maker VX


Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba meriview game engine yang enak untuk membuat game RPG, yaitu RPG Maker VX.



1. Gambar
Kualitas gambar pada RPG Maker VX sangan enak dan jelas, mendekati sempura untuk game jenis PC.

2. Tampilan
Yak, yang kedua adalah tampilan. Menurut saya, tampilan RPG Maker VX jauh lebih rapi dan bagi yang mau mencoba RPG Maker, lebih baik menggunakan RPG Maker VX karena semuanya tampak rapi dan simple.

3. Monster
Yang ketiga adalah monster. Pada RPG Maker VX monster sudah diurutkan dari yang terlemah (yang paling lemah terletak yang paling atas) ke yang paling kuat. 

4. Backgroud Battle
RPG Maker VX background battlenya agak kaku, jadi kurang bagus sih,  tapi kalau kita ngerti scriptnya (RUBY / RGGS) kita bisa merubahnya.

5. Tileset & Map
Sedangkan untuk tileset, RPG Maker VX punya segudang pilihan. Banyak banget dan warna-warni (pelangi donk). Ada rel kereta, patung, pohon, perapian, dll.

6. Bangunan
Untuk RM VX, kita yang membuat sendiri semua bangunan. Dari genteng/atap, tembok, jendela, pintu, dll. Kekurangannya ya itu, kita harus membuat satu demi satu setiap bangunan yang ada. Namun dengan membuat bangunan sendiri, maka bangunan –bangunan dalam game tampah lebih bervariasi dan tidak membosankan. Kelebihannya lagi, RM VX bisa diberi efek bayangan. Jadi, tanah/rumput yang berada di dekat suatu bangunan bisa diberi efek bayangan, nanti tanah/rumput yang diberi efek bayangan warnanya sedikit lebih gelap.

7. Pilihan Karakter
Pilihan karakter pada RM VX lebih banyak, baik itu karakter figuran (penduduk desa/kota, pedagang, raja, ratu, ahli besi, elf, dll) maupun karakter utama (karakter yang kita mainkan dalam game). Selain itu, pada RM VX telah disediakan gambar tokoh untuk masing-masing karakter. Oya, karakter pada RM VX juga sudah digolongkan, mana yang masuk karakter antagonis, protagonis, spiritual, villager/penduduk.

8. Battle System
Pada RM VX, battle system yang digunakan sejenis turn/giliran (mirip Suikoden II). Jadi, nanti setiap karakter dan monster nyerangnya gantian, tergantung speed, yang speednya lebih tinggi nakal nyerang duluan. 

9. Tampilan Battle
Untuk jenis battle, kita bisa bikin sendiri jenis batle style nya, saya sendiri pernah bikin jenis batle side view, jadi keliatan deh karakter-karakter nya saat bertarung.

10. BMG
RM VX BGM-nya sudah digolongkan menurut jenisnya (musik horor, musik perang, musik kematian, musik kemenangan, dll).

okay untuk kali ini saya rasa cukup,
oh iyah untuk mendownload game engine nya bisa dilihat dilink dibawah.

Thanks for your comment