Riview Game Engine - Unity

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMndwM4tk9XUuT2mRCnpbmdwTdTdkLqySGvxlKpRQm9FlRe7s9NyaNdwqvjj_aKlO9XMyYDwXJc0Hyhx6kT1P928ZjdD83CBvlkDHasmoqS-wtqAB7WwdAkyc8qDjjw-Fhgx1KuQt4-KI/s1600/Riview kali ini kita akan membahas tentang Unity3D. Unity3D sendiri merupakan gabungan dari sebuah IDE (Integrated Development Environment dan Game Engine. Dengan game engine ini kita dapat membuat berbagai kreasi game 2D dan 3D untuk platform Windows, Android, Windows Phone, iPhone, Flash Player, Playstation 3, Playstation 4, XBOX One dan XBOX 360, Linux, Mac (Machintosh) dan juga Blackberry dengan bantuan sebuah SDK (Software Development Kit).sebelum membahas lembar kerja Unity3D, Unity 3D ini adalah Game Engine yang sedang populer untuk develop Indonesia. banyak diantarnya yang menggunakan game engine ini, contohnya

http://vgi.co.id/UserFiles/Image/Aria/Desember/24/https://maygreen.files.wordpress.com/2015/07/

kedua game diatas adalah bikinan Develop Indonesia, yang pertama InHeritage (Tinker Games) dan yang kedua adalah Boma Narakasura (Anantarupa Studio).

Okay kita lanjut ke lembar kerja Unity3D.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjERkEM-Je6Sr_zOlrbB0dvg5cxF_EHL0UfC0tzS1rqADD6wQ4GBeSqHDuPyoh3hMiKrD9jCws4mW41fgk85I7yk3nJLHnwBEEVYOvnNlLTmBu5kdKD5S24EIpUkoIhGVeuMUFOYylJaZ4/s1600/

Perlu diingat dalam pembuatan sebuah dalam game di Unity ada beberapa istilah yang harus di kenal, yaitu :

Project : Project sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah satu proyek game yang di dalamnya terdapat berbagai SceneScene : Scene biasanya lebih identik dengan sebuah level dalam sebuah game. Adalah kumpulan dari beberapa elemen seperti :
Prefab : Prefab merupakan sebuah package yang berisi beberapa elemen seperti Game Object, Script, Spring Joint, Sprite Renderer, Sound Listener, Sound Source, dan lain-lain (Dalam pembahasan selanjutnya akan dibahas tentang istilah tersebut)
Game Object : Game Object biasanya berisi sebuah Sprite, Script dan lain-lain, namun tidak sebanyak yang ada di Prefab . Ada beberapa game maker yang biasanya hanya menambahkan Empty Game Object ke dalam Hierarchy dan mengisikan Empty Game Object sebuah script saja
Script : Tentu saja dalam membuat sebuah game, objek bukanlah benda yang benar-benar tidak memiliki tingkah laku. Maka dari itu, Script diperlukan untuk menambahkan perilaku dari sebuah objek atau Sprite. Script dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C#, Javascript dan Boo. Dalam pembuatannya, user pertama kali dapat melakukan scripting di sebuah aplikasi eksternal MonoDevelop. Scripting dapat dilakukan pula di Visual Studio
Sprite : Sprite yang kita maksud bukanlah Sprite minuman ringan ya (Hehehe...), tetapi sebuah gambar yang telah melalui tahap penyesuaian dengan game engine Unity3D. Di Unity3D sendiri, dapat dimasukkan gambar dari berbagai tipe file seperti .jpg, .jpeg, .png, .psd, .swf dan lain-lain. Biasanya hanya game 2D yang menggunakan Sprite
Skybox : Skybox merupakan sebuah game object yang berfungsi untuk memberikan kesan langit dalam sebuah game
Material : Material berfungsi untuk memberika tekstur kepada sebuah model 3D dan Sprite Renderer
Main Camera : Ibarat sebuah pertunjukan, Main Camera berperan seperti mata kita. Main Camera menangkap keberadaan game object yang ada di sebuah Scene. Ada 3 jenis kamera yang disediakan oleh Unity3D, yaitu Perspective dan Orthographic

Sumber : eurekavenom.blogspot.com
Thanks for your comment